Pintar mengelola keuangan di saat pandemi

Cara Pintar Mengelola Keuangan Saat Pandemi

Pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah yang secara langsung juga mengharuskan kita untuk lebih pintar dalam mengelola keuangan.

Pemerintah juga menyerukan imbauan agar masyarakat tetap berada di dalam rumah agar meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

Dampak pandemi ini langsung terasa bagi masyarakat, terutama bagi yang masih harus bekerja di luar rumah. Tak bisa dipungkiri, bagi masyarakat yang harus bekerja demi mendapat pemasukan harian, pendapatan memang terkenda dampak langsung di saat pandemi ini.

Contoh yang paling jelas adalah mereka yang berposfesi sebagai pedagang dan supir ojek online.

Selain harus pintar dalam menjaga kesehatan, masyarakat juga ditutut pintar dalam mengelola keuangan.

Kalau sudah di masa seperti ini, tidak sedikit dari kita yang menyesal karena sudah menyia-nyiakan waktu dengan malas menabung, menyepelekan uang, tidak menyisakan pendapatan, dan lain sebagainya.

Daripada menyesali hal tersebut, Kredit Pintar mau kasih tau cara pintar mengelola keuangan agar tidak salah langkah dalam menghadapi pandemi ini.

Tinjau prioritas pengeluaran

Jika penghasilan Sobat Pintar terimbas langsung akibat pandemi ini, langkah pertama yang dilakukan adalah meninjau semua prioritas pengeluaran.

Sobat Pintar bisa mulai melihat mana yang menjadi prioritas utama, mana yang bisa dinomor duakan.

Misalnya seperti kebutuhan makan sehari-hari yang harus jadi prioritas nomor satu. Atau alokasi uang untuk beli kopi harian yang bisa dialihkan ke keperluan lainnya yang lebih mendesak.

Kalau dirasa perlu, buat catatan untuk rencana pengeluaran dalam sebulan agar memudahkan dan sekaligus sebagai pengingat.

Dengan begini, meskipun terkena dampak pandemi Sobat Pintar bisa merentangkan penghasilan agar mencukupi kebutuhan dasar.

Sesuaikan gaya hidup

Langkah lanjutan ini perlu Sobat Pintar lakukan agar rencana pengeluaran bisa tetap sesuai rencana.

Hal ini dilakukan dengan cara memangkas pengeluaran yang dirasa sekunder dan mengalokasikan dananya untuk keperluan lain.

Seperti contoh di poin sebelumnya, Sobat Pintar bisa tetap ngopi asalkan ngopi di rumah agar lebih hemat. Atau bagi yang biasanya makan dengan lauk pauk bervariasi, saat ini bisa mengurangi lauknya asalkan memenuhi kebutuhan gizi.

Mengelola keuangan dengan masih utamakan menabung

Sobat Pintar memang sudah mengelola keuangan dengan baik kalau mengikuti dua langkah di atas. Bisa lebih bijak lagi kalau Sobat Pintar masih memprioritaskan menabung meski hanya sedikit.

Terutama bagi Sobat Pintar yang sempat menyesal karena tidak menggunakan waktu sebelum pandemi dengan maksimal untuk menyiapkan tabungan darurat.

Jadi saat ini adalah waktu yang tepat untuk memulai lembar baru yang lebih baik agar kondisi finansial Sobat Pintar bisa berangsur menjadi lebih baik pula.

Hindari panic buying

Belanja terlalu banyak akibat kepanikan setelah mengetahui pemberitaan, atau istilah kerennya panic buying tidak menguntungkan pihak manapun.

Percayalah, panic buying malah akan menimbulkan kerugian bagi diri sendiri, bagi orang lain dan juga bisa menyulut kepanikan orang-orang di sekitar.

Kalau Sobat Pintar mendapat pemberitaan mengenai panic buying yang menyebabkan habisnya stok barang di beberapa pusat perbelanjaan, itu adalah dampak buruk dari pembelian impulsif tersebut.

Di saat seperti ini kepanikan memang wajar. Namun tindakan berlebih malah akan mengganggu Sobat pintar dalam mengelola keuangan selama masa pandemi ini berlangsung.

Lebih baik Sobat Pintar tetap menjalani hidup seperti biasa. Apalagi setelah menyusun rencana pengeluaran untuk lebih berhemat.

Usahakan untuk membatasi konsumsi berita agar tidak termakan rasa panik.

Mengelola keuangan dengan kreatif mencari alternatif

Di saat genting seperti masa pandemi Covid-19 ini kita memang dituntut untuk lebih kreatif mencari solusi, terutama dalam mengelola keuangan pribadi.

Maksudnya adalah dengan melihat lebih detail setiap poin pengeluaran dan mencari alternatifnya yang bisa lebih menghemat pengeluaran.

Contohnya seperti tadi, mengganti pengeluaran membeli untuk kopi franchise dengan membeli kopi bikinan sendiri.

Dengan melakukan semua tindakan untuk mengelola keuangan, Sobat Pintar sudah siap menghadapi pandemi dengan perencanaan keuangan yang matang.

Stay safe!

Semoga pandemi ini cepat berlalu. 🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2019 PT Kredit Pintar Indonesia. All rights reserved.